Selamat Datang Di Blogku KOMUNIKASI DALAM JARINGAN - Dunia Belajar

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

 Hallo sahabat blog, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan materi mengenai KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Mari simak materi yang sy sampaikan 👇👇

Komunikasi Dalam Jaringan  

Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet. Munculnya world wide web pada tahun 1990-an membuka ruang komunikasi daring yang lebih luas kepada pengguna internet.  Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien terbukti dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel) Facebook, dan Twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk memudahkan terjadinya komunikasi. Seseorang dituntut untuk cerdas memilih layanan daring yang sesuai dengan kebutuhannya.  

  1.  Jenis Komunikasi Daring  Penggunaan jenis sarana komunikasi akan memengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi daring. 
  2. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak) Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut. Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet). Komunikator dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting. Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-kebanyak), seperti dalam Google+ Hangouts. Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint). 
  3. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak) Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web. 
  4. Komponen Pendukung Komunikasi Daring Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.  
  5. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya. 
  6. Perangkat Lunak (Software) Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.
  7. Daya Nalar atau Akal (Brainware) Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.  
  8. Tata krama dalam komunikasi daring   Tata krama dalam komunikasi daring baik sinkron maupun asinkron. 
  9. Pemanfaatan Komunikasi Daring Sinkron Komunikasi langsung, serempak, atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lainnya.  Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lainnya. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring. Adapun e-mail dapat berupa komunikasi daring sinkron jika mitra komunikasi sedang daring dan di depan perangkat, dapat pula berupa asinkron jika mitra komunikasi tidak daring,  pada hal ini isi informasi yang dikirim akan dibaca pada waktu yang berbeda. Contoh layanan text chat antara lain Google Hangouts, Yahoo Messenger, Facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis pesan (messenger) seperti Telegram messager, Whatsapp, Line, Kakao Talk, dll. Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call atau video phone, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antarpribadi, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan komunikator. Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana pengguna dan mitra bicaranya harus berada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Contoh layanan video chat antara lain Facebook Video Call, Skype, Google Hangouts, FaceTime, dan lain-lain. Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan oleh 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video chat juga dapat digunakan untuk video conference, antara lain Google Hangout, Skype, Bigbluebutton, Cisco webex, dll. Saat ini telah terdapat layanan video call dan video conference yang dapat digunakan secara bersamaan, contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google Hangout, UMeetMe. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Google Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain: video conference hingga 25 partisipan, berbagi layar, berbagi gambar atau foto, video, dll. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam Bahan Ajar ini akan dibahas pemanfaatan Google Hangout untuk melakukan komunikasi sinkron. 
  10. Google Hangout Google Hangout dapat digunakan untuk mengirim pesan, membuat panggilan audio atau video, dan berbagi foto, lokasi, dan stiker. Selain aplikasi web, tersedia juga aplikasi mobile untuk iOS dan Android yang memungkinkan untuk melakukan hangout ketika berada di luar ruangan.  Hangout akan melakukan sinkronisasi secara otomatis pada perangkat yang digunakan. Jika ingin melakukan Hangout menggunakan komputer, maka dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain, misalnya smartphone. Untuk menggunkan Hangout, harus dipenuhi persyaratan berikut. 1) Akun Google. Jika belum memilikinya, silakan membuat akun Gmail terlebih dahulu pada materi Membuat akun Gmail; 2) Perangkat yang memiliki mikrofon, kamera, dan speaker. Setelah masuk pada akun Google, kita  dapat mulai menggunakan Google Hangout di berbagai perangkat. Berikut adalah cara yang dapat digunakan untuk mengakses Google Hangout di berbagai perangkat. 1) Gmail: Google Hangout termasuk dalam fitur Gmail ketika dibuka. Secara default, aplikasi ini terletak pada bagian kiri bawah halaman Gmail. 2) Ekstensi Google Hangout: Ekstensi/Plugin Google Hangout tersedia untuk berbagai browser, misalnya pada Chrome. 3) Aplikasi Mobile Google Hangout: Dapat diunduh melalui App Store pada iOS, dan Play store pada Android. Melalui tautan http://hangouts.google.com : Masuk ke situs Hangout menggunakan Gmail. Tampilan ini yang akan difokuskan pada pembahasan kali ini. 
  11. Percakapan teks Google Hangout merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan teks (chatting) atau pesan dengan teman dan keluarga. Google Hangout memungkinkan melakukan chatting antara dua orang atau dalam kelompok (maksimal 150 orang), mengirim gambar, dan bahkan mengirim pesan teks ke ponsel.  Berikut adalah cara melakukan chatting menggunakan Google Hangouts. 
  • Buka Google Hangouts.
  • Klik Pesan pada menu utama, selanjutnya akan diarahkan kepada pencarian. 
  • Ketik nama, e-mail, atau nomor telepon. Hangout akan menampilkan beberapa nama, klik untuk memilihnya. 
  • Tampil kotak dialog ajakan chat, klik tombol Kirim Undangan.  
  • Akan muncul pesan ajakan, klik Terima (Accept). 6) Ketik pesan yang akan dikirim dan  klik Enter untuk mengirimkannya. 

 12. Percakapan Berkelompok Terkadang diperlukan percakapan kepada beberapa orang sekaligus. Google Hangout memungkinkan untuk melakukan hal ini. Percakapan kelompok dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. 

1) Klik Pesan pada menu utama. 

2) Klik Grup baru. 

3) Ketik nama orang yang ingin ditambahkan ke grup chat tersebut.  

4) Tekan tombol Enter untuk memulai percakapan dengan orang yang telah ditentukan. 


13.  Panggilan Video Selain menyediakan percakapan menggunakan teks, Google Hangouts juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dan telpon. Ini salah satu cara untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga. Panggilan Google Hangouts ke nomor telepon akan dikenakan tarif panggilan, oleh karena itu pada pembahasan ini akan dikhususkan kepada panggilan video.  Panggilan video merupakan layanan gratis dari Google Hangouts, namun sebelum melakukan panggilan video perlu dipersiapkan kebutuhan yang diperlukan, misalnya 

kamera, mikrofon, dan speaker. Pastikan juga jaringan yang akan digunakan memiliki kecepatan yang dibutuhkan agar tercapai komunikasi yang lancar dan maksimal. Kecepatan internet ideal untuk melakukan panggilan video adalah 2.6 Mbps untuk panggilan 1:1 hingga 4.0 Mbps untuk panggilan grup dengan 10 anggota Selanjutnya untuk melakukan panggilan video dapat dilakukan dengan mengikuti instruksi berikut ini.  1) Klik Video call pada tampilan utama Google Hangouts. 

2) Kamera akan merekam wajah. Secara otomatis, akan muncul kotak dialog untuk mengundang orang. Apabila  belum muncul, klik tombol Undang Orang (Invite People). Untuk membagikan tautan percakapan, klik salin tautan yang akan dibagikan (copy link to share). 

 3) Masukkan nama atau e-mail rekan yang akan diajak melakukan panggilan video, misalnya dipilih nama Harum Nugroho. Klik tombol Undang (Invite), selanjutnya akan dilakukan panggilan telepon. 

4) Di sisi lain, Harum akan mendapat panggilan telepon sebagai berikut. Harum akan menerima dengan cara klik Jawab (Answer). 5) Ketika rekan menerima panggilan video, wajah pemanggil akan tampil di halaman utama, sedangkan wajah orang yang dihubungi akan tampil mengecil di pojok kanan bawah. Apabila orang yang dipanggil tidak memiliki atau tidak mengaktifkan webcam, maka akan ditampilkan gambar profil. Mulailah menyapa rekan dengan bicara secara langsung atau dengan memanfaatkan pesan. Arahkan kursor ke sisi kiri dan bawah hingga muncul ikon pesan ( ).  6) Beberapa hal dapat dilakukan ketika terjadi video calling. • Menambahkan partisipan lain dengan cara klik ikon Undang Orang yang berada di sebelah kanan atas. • Membagikan tampilan komputer agar dapat dibaca oleh semua partisipan.  Klik ikon Lainnya, pilih Bagikan layar (Share Screen). Tentukan layar yang akan dibagikan kemudian tekan tombol Bagikan

Layar yang dibagikan akan tampil pada layar utama, klik Hentikan (Stop) untuk berhenti. 

 

• Mematikan mikrofon,  • Mematikan video. 7) Klik tombol Akhiri panggilan yang berada di tengah dan bawah layar apabila ingin mengakhiri panggilan video. 

14.  Video Kelompok Panggilan lebih dari satu partisipan juga dapat dilakukan bersamaan. Caranya dengan memasukkan banyak orang ke kolom pencarian, baik yang online ditandai dengan warna hijau, maupun offline. Tekan tombol Video Call untuk memulainya. 

 15.  Tata Krama Komunikasi Sinkron Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference, antara lain sebagai berikut. • Periksa peralatan yang akan digunakan. • Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan. • Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya.. • Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan. • Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara. 

• Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta. • Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya. • Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference. 

 

16.  Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron Komunikasi daring asinkron atau komunikasi tidak serempak adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Di dalam Bahan Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron.  E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut. Kelebihan email dibandingkan surat biasa, yaitu: • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat; • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital; • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar. • e-mail gratis adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya, biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya. • e-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan 

tambahan lainnya. Sebagian besar penyedia layanan email berbayar menyediakan layanan email bagi korporasi, seperti Google Suites, Zoho Mail, dll.  Salah satu penyedia layanan e-mail tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google dan dapat digunakan pada platform komputer/laptop maupun smartphone. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.  Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah. Saat ini disediakan penyimpanan sebanyak 15GB. Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, antara lain:  • Google Chrome, web browser gratis yang dikembangkan oleh Google. • Google Search, mesin pencari informasi di Internet.  • Google Drive, merupakan penyimpanan online (cloud storage) untuk menyimpan dokumen, lembar sebar, presentasi, dll. Penjelasan lebih detail akan disampaikan pada bagian Menggunakan Layanan Google Drive. • Google Calendar, yang digunakan untuk mengagendakan berbagai kegiatan. • Google Plus (+), yaitu jaringan sosial yang berbasis ketertarikan.  • Google Maps, untuk membantu melakukan navigasi. • Google Play, untuk mengakses playstore Android. • Youtube, untuk mengunggah berbagai video.  • Blogger, untuk membuat blog.  

 

17.  Membuat akun Gmail  Mempertimbangkan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh Gmail, dalam proses pembelajaran ini digunakan Gmail sebagai media berkomunikasi daring asinkron.  Pada contoh ini digunakan Chrome sebagai web browser, dibuat dengan laptop pada bulan Desember 2016. Tampilan mungkin akan berbeda jika dibuat menggunakan Smartphone atau ketika Google melakukan update. Lebih lanjut, pembahasan ini dibuatkan tutorial dengan menggunakan bahasa Indonesia dan (Ingris, dalam kurung) dengan tampilan bahasa Indonesia. Apabila ingin mengganti pengaturan bahasa, pilih bahasa yang diinginkan pada pojok kanan bawah pada halaman membuat akun e-mail. 

Untuk mendapatkan layanan Gmail, kita harus membuat akun Gmail dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 1) Bukalah web browser,  kemudian ketik Gmail.com pada address bar dan tekan tombol Enter.  

 

2) Google akan mendeteksi dimana lokasi pengguna saat membukanya. Lokasi ditampilkan di pojok kanan bawah dipilih Indonesia. Klik link Buat akun (Create account) untuk membuat akun baru. 3) Isilah semua kolom isian dengan biodata diri, misalnya sebagai berikut. • Nama (Name), terdiri atas dua bagian, yaitu nama depan dan nama belakang. Misalnya dipilih Endang untuk nama depan dan Wulandari untuk nama belakang. • Pilih nama pengguna (Choose your username), isilah sesuai dengan nama pengguna yang diinginkan. Isian ini digabungkan dengan @gmail.com, nantinya akan menjadi alamat e-mail. Gunakan hanya huruf, angka, dan titik (.), jangan gunakan spasi ketika menyusunnya, sebagai contoh dipilihlah alamat e-mail denan nama:  endangwulandari08@gmail.com. • Jika nama pengguna yang diisi telah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberi tahu dan meminta untuk memilih nama pengguna yang lain. Misalnya pada contoh ini, “endangwulandari” telah digunakan oleh orang lain. Maka, endang mengubah nama penggunanya, misalnya dengan menambahkan angka 08.  • Buat sandi (Create a password), buatlah sandi yang kuat, minimal terdiri atas 8 karakter, gabungan dari angka dan huruf. Disarankan untuk memilih sandi yang baru dan belum digunakan sebelumnya, jangan gunakan sesuatu yang terlalu kentara seperti nama, asal daerah, hewan peliharaan. Dan jika bisa buatlah sandi menjadi sebuah frasa, misalnya: “Gapailah mimpi setinggi langit”. 

Catatlah nama pengguna dan kata sandi di tempat yang mudah diingat  karena nama pengguna dan kata sandi diperlukan untuk mengakses kembali akun. Bila perlu gunakan software untuk mengelola password (Password management). • Konfirmasi sandi Anda (Confirm your password), ketik ulang sandi yang ditulis pada Buat sandi.  Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna tidak lupa ataupun salah ketik saat mengisi kolom isian sandi. • Tanggal lahir (Birthday), isilah dengan tanggal lahir Anda, misalnya: 12 Pebruari 1998. • Gender, pilih jenis kelamin. • Nomor ponsel (Mobile phone), masukkan nomor ponsel. Nomor ponsel akan membantu Google untuk menjaga akun agar aman, misalnya Google akan mengirimkan sms untuk membantu jika lupa sandi.  • Alamat email saat ini (Your current location), masukkan jika memiliki akun lainnya. Jika tidak biarkan kosong. Isian ini berfungsi seperti nomor ponsel.  • Lokasi (Location), yang mendeteksi otomatis. 4) Jika sudah lengkap, klik tombol Langkah berikutnya (Next step). Akan tampil pemberitahuan Privasi dan Persyaratan yang ditetapkan Google untuk pengguna Gmail. Klik tombol Saya setuju (I agree) untuk menyetujui layanan Google. 5) Tampil pemberitahuan Selamat datang, yang menyatakan bahwa e-mail yang dibuat telah selesai. Klik tombol Lanjutkan ke Gmail (Continue to Gmail).

6) Tampilan akun Gmail saat pertama kali adalah sebagai berikut. Pendaftar akan mendapat email pertama kali dari Tim Komunitas Google, klik untuk melihatnya. Gambar menunjukkan bahwa penyiapan akun baru 10%. Lanjutkan penyiapan agar menjadi 100% dengan cara klik pilihan yang disediakan, mulai dari Dapatkan Gmail untuk seluler, Impor kontak dan e-mail, Pelajari cara menggunakan Gmail, Pilih tema, dan Ubah foto profil.  

 Sampai pada tahap ini, akun Gmail sebagai pengguna telah siap untuk digunakan. Apabila ingin melakukan pengaturan ulang, klik Pengaturan, ikon  kemudian pilih Setelan (Settings).   Sebagaimana telah disebutkan, bahwa Gmail memiliki beberapa kategori pesan, yang berfungsi untuk memilah e-mail yang masuk dan memudahkan dalam mengelolanya. Kategori dapat ditampilkan dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Buka email kemudian klik + di sebelah kanan Promosi (Promotions).  2) Maka, akan tampil pengaturan kategori pesan, klik hingga tampil tanda centang. Kategori yang disediakan adalah utama (primary), sosial (social), promosi, pembaharuan (updates), dan forum (forums). 3)  Klik tombol Simpan (Save). 

 18.  Mengirim e-mail Mengirim e-mail menggunakan akun Gmail dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. • Klik Tulis (Compose), maka akan muncul kotak dialog Tulis Baru. Lakukan langkah sebagai berikut. • Klik di kotak Kepada (To), ketik alamat e-mail yang ingin akan dikirim.  Terdapat juga penerima berupa Carbon Copy (CC) dan Blind Carbon Copy (BCC). Fitur Cc digunakan ketika ingin menambahkan penerima lain yang dapat membaca isi email selain penerima utama, sedangkan Bcc memiliki fungsi yang sama dengan CC, namun penerima e-mail lainnya tidak dapat melihat daftar penerima BCC.  • Klik di kotak Subyek (Subject), ketik subyek atau judul e-mail. • Klik dan ketik e-mail di halaman utama. Fitur lain yang disediakan juga dapat ditambah, yaitu: format huruf, lampirkan file, sisipkan file dari drive, sisipkan foto, sisipkan link, dan sisipkan emoji. • Klik tombol Kirim (Send). 


 1) Jika pengiriman berhasil, akan ada notifikasi bahwa e-mail berhasil dikirimkan. Klik Pesan Terkirim (Sent mail) untuk melihatnya. 

 Jika telah menuliskan sebuah e-mail,  tetapi belum sempat mengirimnya, draf akan disimpan pada bagian draf. Draf (Drafts) berisi pesan yang tersimpan, tetapi belum dikirim. 

 

 

19.  Menerima e-mail Secara otomatis, e-mail yang masuk akan tampil ketika membuka Gmail. Karena terdapat pada Kotak Masuk (Inbox) dan bertanda tebal (bold).  

 

Pada contoh ini, Endang Wulandari telah mendapatkan e-mail balasan dari Harum Nugroho. Klik e-mail tersebut untuk melihatnya.

Jika ingin membalas e-mail yang masuk, klik Balas (Reply) pada kotak di bawah email yang masuk, klik Teruskan (Forward) untuk meneruskan pesan. Hal penting yang perlu dilakukan setelah menerima e-mail adalah mengelola e-mail yang masuk dengan memanfaatkan fitur yang disediakan, misalnya memasukkan ke fitur berbintang, menggunakan label, memanfaatkan filter, selengkapnya, dsb.  Berbintang (Starred) digunakan untuk memberi status khusus pada pesan agar mudah ditemukan. Fitur ini biasanya digunakan untuk menandai e-mail yang penting. Klik Bintang  hingga warna menyala untuk membuat berbintang. Klik lagi bintang  untuk menghilangkan dari berbintang. 

 

Label berfungsi layaknya folder, dan dapat dibuat lebih dari satu label. Untuk menambahkan label, pilih e-mail hingga tercentang, klik Label  dan tentukan label yang diinginkan. 

 Gmail menyediakan pilihan filter yang dapat digunakan untuk menyaring e-mail yang masuk. Fungsi filter juga dapat dimanfaatkan dalam mengatur kriteria penyaringan yang dilakukan secara otomatis, subyek tertentu, kata-kata tertentu, dan banyak lagi. Filter juga memungkinkan untuk memblokir e-mail, memilah dan memberi label, bahkan melanjutkan e-mail ke alamat lain. Filter dalat dilakukan dengan langkah sebagai berikut. 1) Klik e-mail yang akan di filter. 2) Klik Lainnya (More) dan pilih Filter pesan-pesan seperti ini (Filter messages like these). 

3) Akan tampil gambar sebagai berikut, klik Buat filter dengan penelusuran ini (Create filter with this search). 

 

4) Tentukan filter yang diinginkan dengan cara klik hingga mencentang, pada contoh ini misalnya dipilih Hapus (Delete it).  

 5) Klik tombol Buat filter (Create filter).

Adapun untuk Selengkapnya (More) berisi Penting (Important), Chat, Semua Pesan, Spam, Sampah, dan pengelolaan kategori. Spam adalah fitur Google yang akan berfungsi untuk mengategorikan e-mail yang tidak diinginkan atau dianggap berbahaya.  

 

 

Penting! Jika telah selesai mengakses e-mail menggunakan fasilitas umum, misalnya di laboratorium sekolah atau di warnet, jangan lupa untuk keluar, karena akun bisa disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Klik akun kemudian klik Keluar (Sign out). 

 

20.  Tata Krama Komunikasi Daring Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Pada komunikasi daring asinkron, kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam meggunakan komunikasi asinkron, terutama di menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut. a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai. b. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.

c. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail. d. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut. e. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan. f. Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Karena tidak semua orang menyukai lelucon, berita atau gambar yang dikirimkan. 

 

21.  Google Drive Google Drive merupakan layanan Google yang memungkinkan untuk menyimpan file secara daring dan mengaksesnya di mana saja menggunakan cloud. Google Drive juga memungkinkan untuk mengakses aplikasi berbasis web secara gratis untuk membuat dokumen, lembar sebar (spreadsheet), presentasi, formulir, gambar, dsb.  Saat ini, Google Drive merupakan salah satu penyimpanan cloud (cloud storage) yang pupuler karena menawarkan 15 gigabyte (15 GB) ruang penyimpanan gratis. Drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan file, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat, membagipakaikan, dan mengelola file dengan aplikasi yang produktif.  Untuk menggunakan Drive, perlu dilakukan langkah sebagai berikut. • Masuklah (Sign in) ke Gmail. Jika belum memiliki Gmail, buatlah terlebih dahulu akun Gmail. • Setelah masuk ke Gmail, klik Google Apps kemudian pilih Drive, atau juga dapat langsung mengetikkan alamat http://drive.google.com pada browser. 

 

• Akan tampil halaman awal Google Drive. 

(Sampai naskah ini ditulis,  akan tampil halaman awal Google Drive yang masih kosong sebagaimana tertera di atas).  Setelah sampai ke Google Drive, mulailah dengan mengunggah file dan buatlah folder sehingga tahu bagaimana cara untuk melihat dan mengelolanya. Namun,  sebelum memulai mengunggah, pahamilah berbagai jenis file yang akan diunggah ke dalam Drive sebagai berikut. • File yang dapat dimodifikasi, misalnya file yang dibuat menggunakan Microsoft Office, PDF, dan file lainnya yang berbasis teks. • File yang tidak dapat dimodifikasi, misalnya file musik, video, file yang telah di kompres atau arsip yaitu ZIP, RAR, dsb. Selanjutnya, untuk memudahkan dalam mempelajari Google Drive, simaklah pembahasan yang telah dikelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut. Mengunggah File  Untuk mengunggah file dari komputer ke Google Drive, lakukan langkah sebagai berikut.  1) Klik tombol Baru (New) kemudian pilih Unggah File (File upload). 2) Pilih file yang ingin diunggah, kemudian tekan tombol Open. 

3) File akan masuk ke dalam Drive. 

 

Selain cara di atas, dapat menggunakan cara lain yang lebih mudah untuk mengunggah, yaitu dengan cara klik dan geser (drag) ke dalam Drive.  

 

Hasil file yang telah diunggah dapat dikelola dengan memanfaatkan folder, caranya adalah klik tombol Baru dan pilih Folder. Ketik nama folder yang diinginkan. Namun, jika file yang akan diunggah sudah terdapat dalam satu folder, dapat diunggah sekaligus dengan cara memilih Unggah Folder (Folder upload) ketika akan melakukan unggah. 

22.  Konversi file Microsoft Word menjadi Google Docs File yang telah diunggah dapat dilihat dengan cara dobel klik, atau klik ikon pratinjau, namun tidak dapat melakukan modifikasi pada file tersebut. Agar dapat melakukan modifikasi, harus mengonversi terlebih dahulu file yang di unggah dengan cara sebagai berikut. 1) Klik Buka dengan Google Dokumen (Open with Google Docs) pada tampilan file yang dibuka. 

 

2) File yang telah dikonversi akan tampil pada tab baru pada browser. Lakukan modifikasi seperlunya. 

 

3) Pada Drive akan muncul file baru yang merupakan salinan dari file yang Word, yaitu file Docs.

23.  Membuat File Baru Google Drive memberikan pilihan yang memungkinkan untuk membuat dan mengedit berbagai file dokumen, lembar sebar, presentasi, dsb. Membuatnya cukup mudah, klik tombol Baru (New) kemudian tentukan file yang dibutuhkan, antara lain di bawah ini. 1) Membuat Google Dokumen, untuk membuat dokumen (serupa dengan Microsoft Word).  Klik Google Dokumen. Dokumen baru akan muncul di tab baru. Arahkan ke Dokumen tanpa judul (Untitled document) dan ganti namanya dengan cara klik, tekan enter jika telah selesai. Sebagai contoh, dokumen ini diberi nama Esai merumuskan Ide.  

 

Ketikkanlah esai dalam dokumen yang tampil, seperti di Mircosoft Word.  Dokumen tersebut akan tersimpan otomatis pada Google Drive.

Dokumen yang dibuat akan mempunyai tampilan standar, template yang disediakan dapat digunakan agar tampilan lebih menarik. Klik alamat: http://drive.google.com/templates, untuk mengakses daftar template tersebut. Lakukan pencarian kemudian klik Gunakan template ini (Use this template) pada template yang diinginkan. Klik Pratinjau (Preview) jika ingin melihat terlebih dahulu. 

 

2) Membuat Spreadsheet, untuk menyimpan dan mengorganisasi informasi (serupa dengan Microsoft Excel). Klik Google Spreadsheet, maka akan tampil tampilan sebagai berikut. Modifikasi hingga mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

 

3) Membuat Slide, untuk membuat slideshow (serupa dengan Microsoft PowerPoint). Klik Google Slide, maka akan tampil tampilan sebagai berikut. Aturlah sesuai keinginan. 

24.  Membuat Google Formulir  Formulir adalah lembar isian yang digunakan untuk mengumpulkan suatu data atau informasi. Formulir biasanya berupa kertas dan dibagikan untuk diisi oleh responden, misalnya formulir saran dan formulir lamaran. Data atau informasi yang terkumpul selanjutnya akan dibuat ringkasan hingga tujuan penyebaran formulir tercapai.  Membuat formulir lebih mudah dan lebih hemat dengan memanfaatkan aplikasi yang disediakan secara daring. Uang biaya pencetakan tidak diperlukan. Selain itu tidak perlu menyalin ulang data yang telah ditulis, sebab data langsung diketik pada formulir. Google menawarkan sebuah aplikasi formulir daring yang disebut Google Form. Sebagai contoh, kita akan membuat Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekstrakulikuler Kelas X pada SMK Terpadu Insani menjadi sebuah formulir daring dengan memanfaatkan Formulir Google. Berikut ini adalah bagian pada formulir tersebut. 

Membuat Formulir Google dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Klik Baru, arahkan ke Lainnya dan pilih Formulir Google (Forms). 

 

2) Formulir baru akan muncul di tab baru. Arahkan ke Formulir tanpa judul (Untitled form) dan ganti namanya dengan Formulir Kegiatan Ekstrakulikuler Kelas X, SMK Terpadu Insani.  

 3) Masukkan Butir Pertanyaan yang kemudian pilih Jenis Pertanyaan yang sesuai. Untuk menambah pertanyaan, gunakan ikon  Tambah Pertanyaan di sebelah kanan. Pada contoh ini, digunakan jenis pertanyaan sebagai berikut. Nama lengkap, menggunakan Jawaban singkat (Short answer). Jika pertanyaan ini harus/wajib di isi maka pilih Wajib diisi, kemudian geser ke kanan dengan cara klik. 

 

Jenis kelamin, menggunakan Pilihan ganda (Multiple choice). Tambahkan jenis kelamin Laki-laki pada opsi 1, kemudian tambahkan Perempuan pada opsi dua dengan cara klik Tambahkan opsi (Add option). 

 

Tempat dan tanggal lahir dipisah menjadi dua yaitu, tempat lahir yang menggunakan Jawaban singkat dan tanggal lahir yang menggunakan Tanggal (Date).

Kelas, menggunakan Pilihan ganda (Multiple choice). Pada contoh ini terdiri atas tiga kelas, yaitu: Administrasi perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran. 

 

Alamat, menggunakan Paragraf (Paragraph) karena terdiri atas teks yang panjang. 

 

Nomor lengkap, menggunakan Jawaban singkat (Short answer). 

 

Pilihan ekstrakulikuler, menggunakan Kotak centang (Check boxes). Maksimal dua buah yang boleh dipilih, berarti diperlukan penggunaan Validasi data (Data validation) dengan cara klik Selengkapnya (More) di sebelah kanan Wajib diisi.   Tampil data validasi berupa Pilih paling banyak (Select at most), masukkan 2 pada angka (number), dan ketik Setiap pendaftar hanya diperbolehkan memilih sebanyak  dua (2) pada teks kesalahan khusus (Custom error text). Maka didapatkan tampilan sebagai berikut. 

4) Setelah menentukan butir dan jenis pertanyaan yang sesuai, dapat dilanjutkan dengan memilih tema agar tampilan lebih indah, yaitu dengan cara klik Palet warna (Colour palette). Misalnya dipilih tema sepak bola (14_soccer.png), sehingga tampilan menjadi sebagai berikut. 

 

5) Sebelum membagikannya, formulir harus diperiksa terlebih dahulu dengan menekan ikon Pratinjau (Preview), yang berada di samping palet warna.  6) Formulir akan muncul di tab baru. Uji coba formulir tersebut dengan memasukkan isian sesuai pertanyaan. Jika masih ada yang kurang, perbaiki lerlebih dahulu. Jika sudah baik, lanjutkan dengan mengirimkannya kepada peserta responden. Klik tombol Kirim (Send) yang berada di pojok kanan atas. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.  

Terdapat tiga pilihan utama untuk membagikan formulir secara daring, yaitu: menggunakan e-mail, tautan (link), atau menggunakan tempelan (embed) pada HTML yang biasanya ditempel pada website. Pada contoh di atas, dipilih menggunakan Tautan dan telah diperpendek dengan mencentang Perpendek URL. Tekan tombol Salin kemudian bagikan formulir tersebut, misalnya menggunakan aplikasi pesan yang dapat diakses dengan mudah seperti Telegram messenger, WhatsApp, KakaoTalk, LINE, dsb.  Pilihan lain yang dapat digunakan untuk membagikan formulir adalah melalui media sosial, misalnya Google+, Facebook, atau Twitter. 

 

7) Apabila pengumpulan data dirasa cukup, data dapat dilihat pada Tanggapan (Responses), yang terdapat di sebelah kanan pertanyaan (Questions). 

 

Tanggapan akan tampil pada bagian Ringkasan (Summary). Data tersebut dapat dilihat secara Individual. Apabila ingin melihat tampilan dalam spreadsheet, klik ikon Spreadsheet. Unduh, cetak, hapus, dan pilihan lain dapat ditemukan dengan cara klik More di sebelah kanannya.

25.  Pencarian File Setelah mengunggah banyak file pada Google Drive, mungkin akan dibutuhkan waktu yang lama untuk mencari sebuah file. Untungnya, Drive menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu dalam mengelola dan mengaturnya. Mencari file pada Drive dapat dilakukan pada kolom pencarian di Telusuri Drive (Search drive), maka akan ada beberapa jenis file yang muncul. Ketik nama file yang dicari kemudian tekan enter, maka akan tampil beberapa pilihan sesuai kata kunci.  

 

26.  Memilah hasil pencarian Secara default, file yang diunggah akan dipilah menggunkan pilihan Terakhir diubah. Selain itu juga dapat mengubah dengan pilihan lain misalnya terakhir saya ubah atau terakhir saya buka.  

 

27.  Menyaring hasil pencarian Filter dapat membantu dalam melakukan pencarian lebih spesifik, yang antara lain terdiri atas filter pada jenis, tanggal diubah, pemilik, dsb. Lokasikan kursor di samping kanan menu pencarian hingga muncul tanda panah ke bawah, klik dan tentukan file yang diinginkan. Tekan tombol Telusur (Search) untuk memulai pemfilteran, tekan tombol Setel ulang (Reset) untuk mengatur ulang filter. 

28.  Berbagi dan Berkolaborasi Pada dasarnya file yang telah diunggah di Drive bersifat pribadi, hanya dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pemilik file tersebut. Google Drive memberikan pilihan untuk menyimpan saja atau membagikannya dengan orang lain. Semua orang tidak perlu dibagikan, namun pilihlah orang tertentu jika ingin berkolaborasi menggunakan file yang sama pada saat yang sama (real-time). Sebelum memulai untuk membagi dan mengolaborasikan file, ada baiknya jika mengetahui berbagai kategori file yang terdapat pada Drive. • File privat, adalah file pribadi yang dapat diakses hanya oleh pemiliknya. • File bagi terbatas yang boleh diakses atau dimodifikasi orang lain yang memiliki tautan (link), adalah file yang dibagikan hanya kepada orang tertentu. • File publik, adalah file yang siapa saja dapat menemukan dan mengakses. • File yang dibagikan dari orang lain. Membagikan atau tidak sebuah file hanya masalah kebutuhan. Ada kalanya perlu membuat sebuah file menjadi privat atau publik. Pada Bahan Ajar ini dijelaskan bagaimana cara membagikan file dari Google Drive.  Berbagi file Membagikan file pada kategori ini dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut. 

1) Pilih file yang akan dibagikan, misalnya dipilih file dengan nama Esai merumuskan Ide.docx. 2) Klik tombol Bagikan (Share). 3) Sebuah kotak dialog akan muncul. Ketik nama atau alamat email orang yang ingin dibagi. Selain itu juga dapat menambahkan sebuah pesan pada email yang akan dikirim. Pastikan memilih kontrol untuk Dapat mengedit (Can edit) agar orang lain dapat mengeditnya. Klik tombol Kirim (Send) untuk mengirimnya. 

 

Terdapat kontrol lain selain Dapat mengedit, misalnya Dapat komentar (Can comment) atau Dapat melihat (Can view). Pilihlah sesuai kebutuhan. Pilihan lain yang dapat digunakan untuk berbagi file adalah menggunakan tautan (link). Link adalah alamat web untuk file yang ingin dibagikan. Link yang dihasilkan dari Drive akan sangat membantu ketika mengunggah file yang terlalu besar untuk dikirim sebagai lampiran email, seperti file musik atau video (saat ini ukuran maksimal upload file pada Gmail = 25 MB). Selain itu, file juga dapat dibagikan dengan cara memposting sebuah link dari alamat file ke halaman situs umum, sehingga siapapun yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke file yang diunggah. Membagikan dengan link dapat dilakukan dengan cara berikut. 1) Pilih file yang ingin dibagikan kemudian klik Dapatkan tautan yang bisa dibagikan (Get shareable link) pada pojok kanan atas. 

2) Tampil informasi yang menyatakan Berbagi tautan aktif (Link sharing on) dari sebelumnya tidak aktif. Pada tampilan ini Setiap orang yang memiliki tautan dapat melihat (Anyone with the link can view). Salin link yang ditampilkan dari Drive. 

 

 

Sebelum di klik Setelah di klik 3) Jika ingin menganti kontrol, klik Setelan berbagi di bawah link, maka akan tampil kotak dialog berikut. Klik panah ke bawah pada dapat melihat, maka tersedia kontrol lain. Jika sudah tekan Salin Tautan (Copy link). 

 

 

Berbagi kepada publik Membagikan file pada kategori ini dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut. 1) Pilih file yang akan dibagikan kemudian klik tombol Bagikan (Share).  2) Klik Lanjutan (Advanced) di pojok kanan bawah. 

3) Akan muncul halaman Setelan berbagi (Sharing settings). Pada awalnya ketegori file yang dimiliki adalah pribadi atau privat, untk membuat jadi publik klik Ubah (change) di sebelah kanannya. 

 

4) Tampil halaman Berbagi tautan (Link sharing), klik pilihan paling atas yaitu Aktif – Publik di web (On- Public on the web) kemudian klik tombol Simpan (Save). 

 5) Maka Setelan berbagi (Sharing settings) akan menjadi ketegori publik, siapa saja di Internet dapat menemukan dan melihat (menyesuaikan dengan pilihan sebelumnya). 

Salin link dan bagikan file kepada publik misalnya menggunakan Gmail dan social media yang disediakan. Klik selesai (done).  

 Melihat file yang dibagikan Seseorang juga dapat membagikan sebuah file kepada. File ini akan muncul pada halaman Dibagikan dengan saya (Shared with me). File yang dibagikan juga dapat ditambahkan ke dalam Drive dengan cara klik Tambahkan ke Drive Saya (Add to My Drive). 

 

 

29.  Berkolaborasi file Setelah file pada Google Drive dibagikan kepada rekan (co-author), dan orang lain dapat berkontribusi untuk menyunting file tersebut. Pada contoh ini digunakan jenis dokumen (docs) pada Drive. Endang Wulandari, selaku pemilik file membagikan file 



dengan cara klik tombol Bagikan (share) di pojok kanan atas untuk mulai mengolaborasikan. Jika ajakan berkolaborasi diterima (misalnya diterima oleh Harum Nugroho), dapat dilakukan penyuntingan pada satu dokumen dalam waktu bersamaan. Berikut contoh tampilan yang terjadi ketika kolaborasi terjalin.  

 

Fitur kolaborasi dapat dimanfaatkan, antara lain melakukan diskusi (chatting), memberikan komentar, melihat riwayat revisi file, dsb. Setiap perubahan yang dilakukan oleh kontributor akan terekam pada Drive. Untuk melihat perubahan-perubahan yang dilakukan, klik File kemudian pilih lihat riwayat revisi (See revision history). Pada tampilan ini, akan terlihat riwayat perubahan dokumen, seperti waktu pengubahan, akun yang mengubah, dan kondisi dokumen saat diubah.  

 

 

 


 

30.  Mengunduh dan Mencetak File File yang telah diunggah dapat diunduh (download) kembali maupun langsung dicetak (print) secara daring.  Mengunduh file dapat dilakukan dengan cara berikut ini. 1) Pilih file yang akan diunduh. 2) Klik lainnya (more action) kemudian pilih Unduh. 

 

Selain itu dapat pula mengunduh file yang diinginkan dengan memilih format  file terlebih dahulu. 1) Klik File yang akan diunduh. 2) Pilih Unduh (Download as), maka akan muncul berbagai bentuk format, pilih salah satu yang diinginkan: Microsoft Word (.docx); Format Open Document (.odt); Rich Text Format (.rft); Dokumen PDF (.pdf); Teks biasa (.txt); Laman Web (.html, zipped); dan publikasi EPUB (.EPUB). 

 

Untuk mencetak file pada Drive, prosedurnya sama dengan ketika mencetak pada Office, yaitu buka file yang akan dicetak, klik File pada Ribbon dan pilih Cetak (print), 


 


atau langsung menekan shortcut (CTRL+P). Tentukan printer yang digunakan untuk mencetak, dan pilih Cetak (print). Setelah memahami berbagai fitur Google Drive, diharapkan akan mendapatkan beberapa ide yang nantinya akan mempermudah pekerjaan. Pada pembahasan di atas, pemanfaatan Drive sebagai media simpan dilakukan menggunakan Internet, tetapi juga dapat dikerjakan secara luring (offline) dengan cara mengunduh dan meng-install tools Google Drive ini pada komputer. Unduh file terdapat pada situs unduh Google Drive. Install dan gunakan sebagai media simpan, sinkronisasi akan dilakukan kemudian secara otomatis ketika terhubung dengan internet.  

 

31.  Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut. 1) Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi. 2) Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka secara langsung, dengan komunikasi daring dapat menghemat biaya transportasi. 3) Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi berjauhan. 4) Keunggulan lain:  • dapat dipadukan dengan layanan TIK lainnya ketika melakukan komunikasi daring, misalnya layanan berbagi layar yang digunakan secara bersama ketika melakukan panggilan video; • komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya; • terbukanya jalur komunikasi menyebabkan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam berkomunikasi. • memungkinan seseorang berkolaborasi dengan pihak lain. Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut. 


 


1) Melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lebih penting, bahkan dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 2) Komunikasi daring memerlukan perangkat khusus yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). 3) Terlalu banyak informasi yang tidak dibutuhkan. Seringkali terlalu banyak informasi yang didapatkan sehingga membingungkan penerima. 4) Komunikasi audio tidak  mampu mewakili emosi penggunanya. Ekspresi wajah, gerakan tubuh, tidak dapat ditangkap melalui komunikasi audio. 5)  Komunikasi teks tidak dapat mewakili intonasi bicara

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "KOMUNIKASI DALAM JARINGAN"